Cara Membuat Japanese milk bread (roti susu jepang) Kekinian

Japanese milk bread (roti susu jepang). KOMPAS.com – Japanese milk bread adalah roti sobek ala jepang yang punya tekstur sangat lembut, mengembang montok, serta rasa milky atau susu. Di negaranya, roti ini dikenal juga dengan nama Roti Hokkaido. Olahan roti ini belakangan sedang viral di Asia, tak terkecuali Indonesia.

Japanese milk bread (roti susu jepang) Tampilannya yang terkadang berwarna-warni membuat roti ini juga banyak diminati. Ciri khasnya tentu saja ada pada penggunaan susu yang lebih banyak dibanding roti biasa. Rasanya manis ringan dengan tekstur sangat empuk dan lembut. Cara membuatnya pun cukup mudah, kamu dapat menghidangkan Japanese milk bread (roti susu jepang) hanya dengan menggunakan 7 bahan dan 8 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep Japanese milk bread (roti susu jepang)!

Bahan Japanese milk bread (roti susu jepang)

  1. Diperlukan 250 gr of Tepung cakra.
  2. Diperlukan Sedikit of Garam.
  3. Diperlukan 30 gr of Gula halus.
  4. Gunakan 185 ml of Susu uht.
  5. Gunakan 3 gr of Ragi.
  6. Diperlukan 20 gr of Butter.
  7. Sediakan of Isian roti (me : coklat,greentea,vanila,capuccino,strawbery).

Menemani masa lockdown, lagi ada roti yang sedang viral, yaitu Japanese milk bread. Kalau di Jepang, namanya roti Hokkaido. Rotinya merupakan roti sobek dengan tekstur yang sangat lembut, dan aroma susunya terasa. Kabar baiknya, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mengikuti resep Japanese milk bread.

Cara membuat Japanese milk bread (roti susu jepang)

  1. Campur adonan kering (tepung,garam gula) aduk aduk….
  2. Masukan ragi ke dalam susu,,aduk aduk,,diamkan bentar,,.
  3. Masukan air ragi susu ke dalam adonan kering,,sambil di uleni ya sampai kalis kira kira 10menitan.
  4. Masukan butter ke tengah*adonan,adonin lagi sampai kalis kira* 5menit,kalo mau pake pewarna,,di tahap ini ya,,pakein sebelum kalis,bagi* adonan,,kalo aku d timbang bagi 5,,kemudian simpan di wadah tutup pake cling wrap (diamkan 30-40menit).
  5. Setelah adonan ngembang 2x lipat,kempiskan,,,bagi* adonan ya….kalo aku di bagi 5 tiap warna…jadi dapetnya 25potong,,lumayan buat si sulung potongannya pas,,kalo udah di potong,taro lagi d wadah,tutup pake kain basah,,biar adonan rotinya lembab sekitar 15menit.
  6. Kalo udah step 5,,kempiskan lagi rotinya,,kalo mau pake isian,,pas step ini ya,kemudian simpan lagi rotinya ke loyang yg sudah pake kertas roti,beri jarak ya moms,,,simpan lagi 30-40 menit pake cling wrap / kain…
  7. Aku taronya deket oven yg panas,,jd ngembang nya cepet ga lama,kalo udh ngembang gini,,taburi terigu pake saringan ya moms.
  8. Panggang suhu 150 derajat 15menit api atas bawah,,sesuai kan oven masing masing aja ya moms…ini jadinya yg aku..maaf kurang jelas aku fhotonya jam11 malem moms😂😂…ini sisa segini ya di makan si sulung sama papinya pagi pagi,,,katanya enak lembut,,tp isinya aku kurang banyak,,tdinya takut luber.. heheh.

Japanese milk bun tak selalu berbentuk seperti roti kasur. Ada juga yang bentuknya seperti roti tawar biasa. Dikenal dengan nama lain Japanese milk bread, roti ini konon muncul. Bagi pecinta kuliner tentunya sudah tak asing lagi dengan nama makanan Japanese Milk Bread. Belakangan ini hidangan roti yang diketahui asal Negeri Sakura Jepang tengah populer di wilayah Asia, termasuk Indonesia.

Leave a Comment